10 Cara Berhemat Bagi Pekerja Kantoran


Gaya hidup sering kali mempengaruhi hidup kita bahkan niat yang sudah direncanakan harus kandas demi memenuhi gaya hidup. Tak jarang bagi kamu pekerja kantoran, harus memenuhi gaya hidup yang sering kali berubah ubah seperti membeli pakaian, sepatu, tas, alat kosmetik, alat make-up, perawatan tubuh dll. 

Pertanyaan yang seringkali muncul adalah berapa kali dalam satu bulan kamu memenuhi gaya hidup? 3 kali, bahkan sampai 10 kali. 

Baiklah, Jika benar kamu sudah bisa dikatakan BOROS

Mari ubah pola fikir, jangan terlalu menuruti Napsumu saja, pikirkan masa depan dari sekarang atau nanti saja ? semua tergantung padamu.


Berikut tips yang harus kamu lakukan ketika kamu ingin berhemat:

1.Tinggalkan Kebiasaan Lama
Kamu terlalu nyaman dengan kebiasaan lamamu menghabiskan uang ketika Gajian atau kamu sudah merencanakan Shopping sebelum gajian? jika kamu bener-benar ingin berhemat mari Move-on. Keluarkan uangmu hanya untuk kebutuhan bukan keinginan.

2.Gunakan Rekening Alternatif
Kamu bisa membuat rekening tabungan alternatif tanpa akses kartu ATM. Setiap kali rekening tabungan menerima gaji bulanan, segera transfer nominal tertentu ke rekening tabungan alternatif atau aktifkan saja opsi transfer otomatis agar tidak repot kirim manual. Dengan begini keuanganmu bisa lebih terkendali.

3.Ketahui Seluruh Kebutuhan
Sebelum kamu berbelanja kamu dapat membuat list kebutuhanmu, dan berlanja sesuai dengan kabutuhanmu saja. Dengan begini pengeluaranmu bisa lebih jelas.

4.Jangan Lakukan Pembelian Mendadak
Berbelanja tanpa kebutuhan sangat memboroskan, tanpa kamu sangka-sangka simpananmu langsung menipis. Hindari pembelian mendadak yang berujung penyesalan.

5.Manfaatkan “Sale Cuci Gudang”
Jika kamu ingin berbelanja kebutuhan, kamu bisa memanfaatkan sale cuci gudang untuk mencegah pengeluaranmu tidak terlalu besar, dan kamu bisa menargetkannya.

6.Lihat dan Bandingkan
Sebelum kamu berbelanja kamu bisa membandingkannya, sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Mengubah kebiasaan untuk cerdas dalam berbelanja  adalah langkah mendasar untuk menghemat uang.

7.Catat Pengeluaran dan Lakukan Evaluasi
Selain peduli pada pendapatan, coba luangkan perhatianmu pada pengeluaran. Lakukan analisa terhadap pengeluaran dan cari tahu apakah ada sektor yang bisa ditekan atau dihapus karena tidak penting. Jika ada, ubahlah untuk pengeluaran bulan depan.

8.Fikirkan Masa Depan yang Indah
Masa depan yang indah tentunya sangat kita dambakan, tetapi jika tidak diiringi dengan tidakan harapanmu akan sia-sia. Ingatlah masa depan yang indah butuh proses, kapan prosesnya? kamu bisa memulainya hari ini juga.

9.Buat Catatan Motifasi
Jangan hancurkan harapanmu akibat kesalahanmu sendiri. Buat kata-kata yang membangunkanmu seolah-olah dia adalah mentormu sehari-hari. Gunakan kata-kata yang sedikit menekan sehingga ketika kamu lengah, motifasi tersebut dapat membangunkanmu kembali.

10.Menambah Sumber Penghasilan
Cara mengisi waktumu yang kosong supaya tidak dipergunakan untuk hal yang tidak penting, kamu bisa mencari penghasilan tambahan. Jangan bayangkan penghasilan tambahanmu lebih besar, karna penghasilan tambahanmu hanya untuk membatu tabungan masa depanmu bukan untuk menambah koleksimu.


Comments

Popular posts from this blog

20 Ide Kado Pernikahan Terbaik Mewah dan Murah